√ Simak Yuk!! Penyebab Rem Cakram Motor Blong

Maniakotomotif.com - Penyebab Rem Cakram Motor Blong, Apakah sobat pernah ngalamin rem cakram tiba-tiba blong? Jika iya sobat tepat sekali membaca artikel ini karena admin akan mengulas tuntas penyebab rem cakram blong. Nah dalam kesempatan ini admin pernah beberapa kali berkendara lumayan jauh, terus dalam perjalanan tiba-tiba motor yang dikendarai tidak bisa direm sama sekali, usut punya usut memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga sudah terjadi seperti itu.
Penyebab Rem Cakram Motor Blong
Kejadian ini jika sudah terdeteksi dari awal mudah sekali membetulkannya nanti jika terjadinya blong secara tiba-tiba itu yang pasti sangat membahayakan sekali baik bagi si pengendara itu sendiri maupun orang lain yang ada disekitarnya. Untuk lebih jelasnya yuk simak pemaparan berikut ini.

Tipisnya Kampas Rem Cakram Depan
Yang pertama seiring mobilitas yang tinggi dalam penggunanaan sudah barang kampas rem yang semula sangat tebal setelah beli baru berubah menjadi tipis akibat terkikis secara terus menerus sesuai dengan penggunaan. Dan akibatnya membuat piston lebih menonjol keluar serta menyebabkan ketinggian minyak rem menjadi menurun. Turunnya minyak rem ini bisa saja membuat gelembung udara ikut yang ada disaluran oli rem masuk kedalam saluran sistem rem saat kita melakukan pengereman. Akibatnya rem cakram menjadi blong atau istilah jawanya Masuk Angin.

Untuk mengatasi hal ini cukup mudah ganti saja kampas rem yang sudah tipis dengan yang baru, kemudian lanjutkan dengan membleding minyak rem guna mengeluarkan gelembung udara yang terperangkap didalamnya agar masuk anginnya keluar..

Habisnya Minyak Rem / Fluida Rem
Penyebab yang kedua yang bisa membuat rem cakram motor kita tiba-tiba menjadi blong ialah karena habisnya cairan minyak rem yang ada didalam sistem hidrolis rem tersebut, bisa jadi dikarenakan adanya kebocoran pada selang penghubung minyak rem dari master ke piston. Atau karena tipisnya kampas rem yang menyebabkan minyak rem menjadi turun / berkurang dan menyebabkan masuk angin.

Untuk memeriksa apakah cairan minyak rem motor ini sudah habis atau belum ialah dengan jalan mengintipnya melalui lubang intip reservoir yang biasanya terletak dibagian setir atau kemudi sebelah kanan sepeda motor. Jika ternyata ketinggiannya menurun atau bahkan habis, segera lakukan pemeriksaan bagian kampas atau bagian selang distributor jika ada yang bocor, segera lakukan penggantian dan bleding minyak rem.

Bocornya Selang Distributor Minyak Rem
Penyebab Rem Cakram Motor Blong
Untuk menyambung langkah ke 2 yakni yang menyebabkan habisnya minyak rem dari dalam sistem hidrolis yaitu bocornya selang distributor minyak rem, hal ini menyebabkan ketika dilakukan pengereman menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya sebab untuk mendorong piston rem perlu adanya cairan minyak rem didalam sistemnya tanpa itu maka rem tidak dapat berfungsi.

Untuk mencegah hal itu lakukanlah pemeriksaan kebocoran pada sistem distributor minyak rem dengan jalan memainkan tuas rem sambil melihat apakah ada tetesan minyak rem yang keluar dari dalam selang. Jika ditemukan kebocoran maka segera dengan lakukan penggantian selang dan mengisi ulang minyak rem dengan yang baru.

Rusaknya Karet Shell Piston Kaliper Dan Master Rem
Dan Penyebab terakhir yang membuat rem cakram menjadi blong selanjutnya ialah karena adanya kerusakan pada bagian karet shell yang ada pada piston kaliper ataupun yang ada pada master rem sehingga sewaktu tuas rem ditekan, baik piston yang ada di master rem tidak bisa mendorong dan mendistribusikan tekanan minyak menuju piston kaliper.

Ataupun master rem berfungsi namun karena adanya kerusakan pada shell di bagian piston menyebabkan minyak rem ini menjadi bocor/merembes. Untuk mengatasi hal ini kalian bisa melakukan OH rem dan melakukan penggantian karet shell.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Rem Cakram Motor Blong, semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel