Istilah 'Overhaul' di Mesin Kendaraan yang Jarang Orang Tau

Maniakotomotif.com - Istilah 'Overhaul' di Mesin Kendaraan yang Jarang Orang Tau, bagi orang awam istilah overhaul (OH) mungkin jarang yang ngerti ya, namun bagi kalangan pecinta otomotif sudah pasti cukup familiar di telinga, utamanya saat membicarakan soal servis kendaraan. Meski hal ini cukup teknis, namun pemilik kendaraan perlu mengetahuinya, apalagi ketika kita berbicara dengan mekanik yang ada di bengkel.
Overhaul Mesin
Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Raden Intan Lampung, Nurrahman Adi Saputra yang admin kutip dari kumparan mengungkapkan terkait dengan arti dan maknanya dari istilah overhaul sendiri, OH atau Overhaul berarti pembongkaran, atau yang biasa disebut dengan ‘turun mesin’ atau orang jawa bilang medun mesin.

Overhaul ini dilakukan biasanya untuk memeriksa secara detail keadaaan komponen-komponen kendaraan kita, termasuk mencari penyebab masalah pada mobil ataupun kerusakan yang lain yang dialami oleh kendaraan kita. Tentu saja hal ini untuk mempermudah mekanik melakukan servis pada kendaraan itu, langkahnya yang jelas mesin perlu dilepas dari bodi mobil setelah itu dilakukan pengecekan satu-persatu dari setiap kompenannya.

“Nah untuk mesin sendiri ada dua bagian, yaitu block dan cylinder head, biasanya kalau memang masalah ada di cylinder head maka hanya bagian atas saja di-overhaul, atau biasanya disebut Top OH, karena hanya bagian atas saja (top),” kata Nurrahman.

Meski begitu, Nurrahman memambahkan bahwa Overhaul tidak hanya dilakukan untuk sektor mesin saja, akan tetapi juga komponen-komponen mobil lainnya, seperti Overhaul transmisi, Overhaul gardan, sistem pengereman dan lain sebagainya.

Waktu Overhaul
Overhaul Mesin
Nah ketika ditanyakan kepastian kapan dan berapa kilometer rata-rata mobil harus melakukan overhaul mesin dan transmisi, Nurrahman menyebutkan tidak ada standarnya ya. Semuanya tergantung dari kondisi kendaraan dan keadaan masing-masing komponennya.

“Tidak ada standarnya, umumnya ketika saat ada kerusakan pada kendaraan terebut. Bisa karena problem mesin makan oli, bunyi kasar, ngejim atau macet dan lainnya,” ucap Nurrahman.

Biaya Overhaul atau "Medun Mesin"
Berbicara soal biayanya sendiri, kata om nurrahman bergantung pada pengerjaan parts dan kerusakan, misalnya piston, stang piston, metal jalan, metal duduk, biasanya servisnya di kisaran Rp 15 juta sampai Rp 25 juta.

“Overhaul Transmisi juga tidak ada standarnya, sama seperti mesin. Untuk transmisi matik biasanya di angka Rp 15 juta sampai Rp 25 juta biayanya,” tuturnya.

Mahal juga ya sobat, maka dari itu perawatan yang benar pada mobil atau kendaraan kita haruslah kita maksimalkan agar tidak terjadi pembengkakan biaya saat adanya kerusakan yang menimpa mobil atau kendaraan kita.

Demikian ulasan lengkap kita pada kali ini tentang Istilah 'Overhaul' di Mesin Kendaraan yang Jarang Orang Tau, semoga bemanfaat buat semua dan selamat beraktifitas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel