Oh Ternyata Ini Yang Membuat Mio Tak Kuat Nanjak

Maniakotomotif.com - Penyebab Motor Mio Tak Kuat Nanjak, halo sahabat otomotif semua, pernah nggak kita ngalamin ini, pas naik motor mio dijalan yang lempeng ehh Yamaha Mio kesayangan tiba-tiba terasa tidak bertenaga, apalagi ketika motor hendak diajak melewati jalan tanjakan yang perlu putaran mesin lebih tinggi dan tarikan yang manteb. Pernah ngalamin yang gituan khan!!!

Usut punya usut dari yang admin baca studi kasusnya beberapa Yamaha Mio memang pernah mengalami kejadian tersebut,dan rata-rata masalahnya hampir sama, mbeler atau nggak kuat naik.
Penyebab Motor Mio Tak Kuat Nanjak

Tahu nggak sih, bahwa penyebabnya itu masalah sepele saja. yakni akibat bocornya selang vakum yang ada di intake manifold. Nah Selang tersebut berguna sebagai saluran yang membuka dan menutup kran bensin berdasarkan kevakuman yang terjadi diruang bakar. Karena kevakuman ini vital sekali peranannya sebab sangat penting sebagai buka tutup bahan bakar yang diperlukan oleh mesin maka yang pasti saluran ini tidak boleh bocor/merembes, karena kevakuman haruslah kedap udara.

Sobat, jika selang vakum tersebut bocor, hal yang perlu kita ketahui yakni proses buka tutup kran bensin tidak akan maksimal karena adanya udara yang masuk dalam selang tersebut. Dan secara otomatis bahan bakar uang dihisap pun juga akan sedikit, dan tidak sesuai dengan kebutuhan mesin.

Hal ini menyebabkan proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar tidak akan sempurna, karena bensin yang terbakar tidak sesuai, dan yang terjadi hanya letikan kecil saja, sehingga motor seperti tidak mempunyai tenaga karena akibat dari berkurangnya kompresi dalam mesin.
Penyebab Motor Mio Tak Kuat Nanjak
Selain itu, selang vakum pada Yamaha Mio tidak hanya mempunyai fungsi untuk buka tutup kran bensin saja, tetapi juga untuk membuka katup AIS, sehingga fungsi selang vakum pada Mio sedikit lebih kompleks. Kebocoran selang vakum bukan hanya terjadi karena kerusakan selang vakum tersebut tetapi juga karena sambungan selang yang kurang rapat.

Solusi dari masalah ini adalah dengan mengecek kondisi selang vakum, jika dirasa masih bagus tanpa ada kerusakan/pecah pastikan sambungan selang benar dan rapat. Namun jika terjadi kerusakan atau kebocoran pada selang vakum sebaiknya diganti dengan yang baru, agar Mio sobat tetap mempunyai tenaga yang optimal.

Nah begitulah sobat Penyebab Motor Mio Tak Kuat Nanjak, semoga artikel yang admin sampaikan bisa berguna bagi pembaca yang budiman, dan bisa bermanfaat untuk kedepannya. Terimakasih sudah berkunjung dan salam otomaniak kawan..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel