Bagusan Premium, Pertalite Apa Pertamax untuk Yamaha Vixion

Maniakotomotif.com - Bagusan Premium, Pertalite Apa Pertamax untuk Yamaha Vixion, Halo sobat, pernahkah terbersit bertanya pas lagi di pom bensin, untuk motor vixion itu yang bagus pake premium, pertalite atau pertamax ya? Yuks disimak penjelasannya

Motor Yamaha Vixion merupakan salah satu sepeda motor dari produsen dengan logo garputala Yamaha. Untuk ukuran kapasitasnya adalah sebesar 150 CC. Bahkan, tak dapat dipungkiri juga bila motor Yamaha Vixion merupakan salah satu raja motor di kelas 150 CC untuk ajang motor sport. Meskipun banyak produsen yang lain yang mencoba untuk menggoyahkan motor Yamaha Vixion, namun tetap saja penjualannya berhasil meningkat sekali di Indonesia.
Bagusan Premium, Pertalite Apa Pertamax untuk Yamaha Vixion
Untuk sistem bahan bakarnya sendiri sudah menggunakan teknologi injection yang membuat proses untuk mengkonsumsi bahan bakar yang makin irit. Nah, berbicara tentang masalah dari bahan bakarnya, bahan bakar seperti apa sih yang paling sesuai untuk motor Vixion yang satu ini? Apakah premium atau bahkan pertamax? Banyak orang sering bertanya tentang pemilihan terhadap bahan bakar yang digunakannya tersebut. Karena dua di antara pilihan tersebut sama-sama sempurna. Maka dari itulah, sebelum menjawab seputar pertanyaan tentang hal tersebut, di bawah ini akan kami jelaskan dulu perbedaan di antara premium dengan bahan bakar pertamax terlebih dahulu.

Bagusan Mana Premium, Pertalite apa Pertamax untuk Yamaha Vixion?

Yang pasti, satu hal yang membedakan di antara kedua bahan bakar itu adalah dilihat dari segi nilai oktanya terlebih dahulu. Jadi, apa sih yang dimaksud dari nilai oktan itu? Jadi, nilai oktan merupakan sebuah nilai yang memperlihatkan dari segi tingkat ketahanan terhadap bahan bakarnya. Semuanya itu, dilihat dari segi tekanan dan juga suhunya. Dimana makin tinggi untuk nilai oktanya, hal ini membuat bahan bakarnya menjadi lebih tahan terhadap tekanan dan suhu yang makin tinggi lagi.

Seperti yang telah diketahui, bahwa pertamax adalah salah satu bahan bakar yang memiliki nilai oktan sebesar 92. Sedangkan, untuk pertamax plus memiliki nilai oktan sebesar 95. Berbeda sekali dengan premium. Karena, untuk premium itu hanya memiliki nilai oktan sebesar 88 saja. Dan yang berada ditengah-tengah yakni pertalite yang memiliki nilai oktan 90. Untuk setiap motor itu memiliki perbandingan kompresi yang tidak sama. Perbandingan kompresi itu sendiri merupakan sebuah perbandingan di antara volume ruang bakar ketika piston ada dalam TMA dengan volume silinder, ketika piston ada dalam TMB.

Perbandingan kompresi tersebut berpengaruh sekali terhadap jenis bahan bakar yang dipakai. Makin tinggi perbandingan kompresinya, hal ini membuat kebutuhan nilai oktan dari bahan bakar terhadap sepeda motor juga menjadi makin tinggi juga. Misalnya saja, untuk sepeda motor vixion. Sepeda motor ini memiliki perbandingan kompresi sebanyak 10,4 ; 1. Jadi, bahan bakar seperti apakah yang paling sesuai untuk motor yamaha vixion itu? Simak penjelasannya di bawah ini:
Bagusan Premium, Pertalite Apa Pertamax untuk Yamaha Vixion
  • Bahan bakar premium, dengan oktan sebanyak 88, cocok sekali untuk motor yang memiliki perbandingan kompresi sebanyak 7:1 sampai dengan 9:1.
  • Bahan bakar pertalite, dengan oktan sebanyak 90, cocok sekali untuk motor yang memiliki perbandingan kompresi sebanyak 9:1 sampai dengan 10:1.
  • Sedangkan, untuk pertamax biasa itu memiliki oktan sebanyak 92. Bahan bakar ini cocok sekali untuk motor yang memiliki perbandingan kompresi sebanyak 9:1 sampai dengan 10:1.
  • Sementara itu, untuk pertamax plus, ini memiliki oktan sebanyak 95. Bahan bakar ini cocok sekali untuk perbandingan kompresi sebanyak 10:1 sampai dengan 11:1.
Melihat dari segi perbandingan kompresinya, maka kini sudah jelas bahan bakar yang manakah yang paling sesuai untuk sepeda motor yamaha vixion itu? ya jelas pertalite, harga agak murah namun sesuai dengan kebutuhan dari yama vixion, meskipun sebenarnya menggunakan pertamax itupun juga dapat memberikan hasil pembakaran yang lebih bagus. Sedangkan, untuk sepeda motor yang lain bisa disesuaikan terhadap perbandingan kompresinya masing-masing dengan nilai oktannya tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel