Ini Dia Tips Merawat Mobil Injeksi Yang Wajib Dilakukan Secara Rutin

Maniak Otomotif - Ini Dia Tips Merawat Mobil Injeksi Yang Wajib Dilakukan Secara Rutin, Sekarang ini sangat banyak mobil-mobil yang mempunyai metode pembakaran injeksi. Walau metode injeksi didesain dengan rancangan penyetelan serta perawatan yang minim. Namun mesin mobil injeksi juga butuh dirawat supaya mobil Anda awet. 
Tips Merawat Mobil Injeksi

Berikut 6 panduan merawat mobil injeksi yang benar: 

Bersihkan Throttle Body 
Throttle bodi pada mobil injeksi berperan untuk mengatur masuk keluarnya udara ke mesin. Bila Throttle bodi penuh dengan debu serta kotor akan membuat kerja sensor throttle bodi akan alami penurunan serta membuat putaran mesin mobil Anda jadi pincang. 

Membersihkan Bagian Sensor 
Sekurang-kurangnya ada seputar 10 sensor pada mesin injeksi mobil. Dari mulai nosel injektor, suhu air pendingin, idle, sensor pengapian, serta sensor yang lain. Jika keadaan konektor pada ECU kotor, akan berefek pada mengganggu kerja sensor-sensor mobil Anda. 

Oleh karenanya, butuh dilakukan perawatan berupa pembersihan sensor supaya mobil Anda bisa berjalan sesuai fungsinya. Langkah membersikannya juga cukuplah gampang. 

Copot konektornya lalu bersihkan dengan memakai kontak cleanser. Lalu kembalikan seperti awalnya saat Anda telah tuntas membersihkannya. 

Perawatan Nosel Injektor 
perawatan pada nosel injektor berperan untuk mengawasi supaya bentuk dan semprotan dari bahan bakar baik. 

Bila lubang nosel terhalang oleh kotoran serta kerak akan mengakibatkan semprotan mesin jadi kacau. Perihal ini membuat tarikannya jadi terkendala. 

Penyetelan Karbonmonoksida 
Penyetelan Karbonmonoksida adalah salah satunya langkah yang cukuplah gampang untuk merawat mobil injeksi Anda. Anda bisa mengerjakannya dengan menggunakan engine analyzer untuk memastikan ukurannya. Hal ini untuk mengetahui apa mesin berjalan sesuai ataukah tidak. 

Membersihkan Filter Bensin serta Udara 
Langkah perawatan mesin mobil injeksi seterusnya ialah dengan bersihkan filter bensin dan udara. 

Walau filter pada mesin injeksi lebih lama bila dibanding dengan sistem karburator, akan tetapi jika kondisinya telah kotor jadi butuh Anda bersihkan. Sekurang-kurangnya lakukan pembersihan dengan teratur tiap-tiap 20.000 km. 

Lihat Keadaan Aki 
Umur serta perform dari mesin injeksi begitu terkait erat dengan supply listrik. Dibutuhkan keadaan listrik yang konstan supaya mobil tetap awet. Tidak cuma mengecheck keadaan alternator, Anda harus juga memerhatikan keadaan aki supaya supply tegangan yang menuju ECU serta sensor bisa berjalan dengan normal serta stabil. 

Bukan sekedar melakukan kontrol volume air aki, namun yakinkan juga keadaan terminal bebas dari kerak serta kotoran yang melekat. Perihal ini berperan untuk mengontrol supply tegangan supaya tidak terhambat. 

Nah itu tadi ialah tips menjaga performa mesin mobil injeksi yang bisa anda kerjakan secara teratur. Bila Mobil tertangani dengan baik tentunya Anda akan makin nyaman mengendarainya. 

Akan tetapi jika terjadi sinyal kerusakan pada mobil seperti indikator menyala, Anda bisa berkonsultasi dengan bengkel yang ahli supaya mesin mobil Anda bisa tertangani dengan baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel