Amankah Gonta Ganti Oli Mobil Beda Merek? Berikut Penjelasannya

Maniak Otomotif - Gonta Ganti Oli Mobil Beda Merek Apakah Aman, Sobat para penggemar otomotif tentu saja tidak asing lagi bila kita bicara tentang manfaat serta fungsi oli pada mobil anda keseluruhannya. Oli ini merupakan cairan atau  pelumas yang begitu diperlukan oleh kendaraan anda untuk mensupport kapasitas serta perform kendaraan anda pastinya. 
Ganti Oli Mobil

Oli ini mempunyai fungsi  yang begitu penting khususnya pada mesin kendaraan anda. Atau mungkin dengan kata lainnya, bila pemberian atau  pergantian oli pada mobil anda terlambat yang menyebabkan mesin anda jadi kurang performnya. 

Jadi dapat dikatakan anda akan alami beberapa masalah nanti. serta tidak cuma itu, rusaknya pada mesin anda beserta komponen  yang lain tentu saja akan menanti anda. Oleh oleh karena itu oli atau  pelumas itu begitu berperan terpenting buat mobil anda. 

Untuk tahu lebih detilnya  apa fungsi atau manfaat oli pada kendaraan anda, yuk sobat langsung  kita baca ulsan di bawah ini dengan  cermat. Cekidot. 

1. Oli Berperan Menjadi Pembersih Mesin 
Karena berperan menjadi pembersih mesin, jadi oli ini mampu untuk melarutakn kotoran yang ada di mesin mobil anda. Kotoran yang ada pada mesin itu bisa jadi datang dari debu yang masuk lewat sel atau juga bisa kotoran yang terjadi karena gesekan pada komponen mesin mobil itu. 

2. Oli Berperan Menjadi Pendingin Mesin 
Menjadi pendingin mesin adalah manfaat utama dari oli itu. Panas yang dibawa oleh komponen dalam mesin mobil anda, baik itu yang terjadi sebab gesekan pada komponen mesin atau perihal yang lain, akan tetapi dengan adanya oli itu, maka oli ini akan bertindak untuk mengontrol mesin itu dari over heating atau panas berlebihan yang mengakibatkan mesin itu jadi lebih cepat rusak. 

3. Oli Berperan Menjadi Pelumas 
Manfaat yang lain yang tidak kalah penting dari oli itu ialah menjadi pelumas. Dengan adanya oli tersbeut menjadi pelumas, jadi komponen – komponen mesin akan dapat dengan mudah untuk menggerakkan komponen antar kompoen dalam mesin itu, hingga fungsinya akan makin optimal. 

4. Oli Berperan Melindungi Dari Karat 
Walau terbuat dari baja serta besi yang berkualitas, akan tetapi hal itu tidak serta merta membuat kompone dalam mesin mobil anda terhindar dari karat. Akan tetapi karena ada oli itu, jadi mesin ataupun komponen mesin anda akan terlepas dari karat nanti. 

Sangatlah peting bukan sobat fungsi serta manfaat oli tersbeut pada kendaraan anda? Oleh karenanya penting buat anda untuk tetap lakukan servi atau ganti oli dengan berkala apda mobil anda. 
Ganti Oli Mobil

Bicara tentang pemakaain oli itu sobat, ada saatnya mereka pada pemiliki kendaraan itu seringkali lakukan atau menggunaan oli secara gonta ganti dengan merk yang berlainan pada mobil atau kendaraannya. Masalah ini tentu saja mempunyai efek negatif pada perfoma mesin mobil anda secara keseluruhan. 

Karena itu sobat, penting buat anda untuk pastikan terlebih dulu jenis atau type oli yang seperti apakah yang sesuai kendaraan anda. Sebab sekarang di pasaran bisa kita dapatkan type oli sintetik ataupun non sintetik. Jadi upayakan anda jangan pernah salah menggunakan apalagi gonta – ganti oli dengan merk yang berlainan. 

Di bawah ini ialah efek gonta – ganti oli mobil beda merk yang dapat anda untuk jadikan refrensi. Yuk sobat langsung kita baca penjelasan di bawah ini. 

5. Mesin Lebih Cepat Panas 

Mengenai manfaat utama oli pada kendaran anda ialah untuk mengontrol supaya suhu pada mesin kendaraan anda tetap stabil serta tidak alami overheating yang tentu saja dapat mengakibatkan kerusakan mesin anda. Akan tetapi sahabat, satu hal yang perlu anda mengerti sebenarnya jika anda terlalu sering gonta – ganti oli mesin dengan merk yang berlainan, maka membuat mesin anda malah jadi lebih cepat panas. 

Hal ini karena mungkin sisaan oli yang sebelumnya, jika terkena dengan cairan yang lainnya maka berefek memunculkan panas. Oleh oleh karena itu, penting buat anda untuk menggunakan satu type oli saja dengan merk yang sama tentu saja. Kenali juga type oli mesin pada mobil supaya anda lebih memahami tentang pemakaian oli yang pas. 

6. Memunculkan Endapan Atau Kerak 

Hal ini dapat terjadi jika senyawa yang bercampur dari oli lama ke oli baru bisa menimbukan kerak atau kotoran yang melekat pada komponen – komponen mesin mobil anda. perihal ini tentu saja akan beresiko bila anda biarkan kelamaan, tidak hanya kurangi perform kendaraan anda, akan tetapi juga lama kelamaan akan mengakibatkan kerusakan komponen mesin mobil anda. 

7. Mempersingkat Umur Mesin 

Masalah ini telah jelas ya sobat, sebab seperti yang telah penulis sampaikan di atas, sebenarnya dengan terlalu sering ganti oli mobil dengan merk yang berlainan, maka memunculkan beberapa permasalahan pada mobil anda, seperti mesin jadi lebih cepat panas, atau membuat mesin anda jadi karatan. 

Nah sahabat, bila masalah ini terjadi maka perlahan-lahan tetapi pasti umur mesin anda semakin lebih cepat aus daripada yang semestinya sebab beberapa permasalahan itu. 

Demikian info yang dapat penulis bagikan buat sobat semua pada saat ini, mudah-mudahan berguna buat anda yang telah berkunjung serta membacanya. Pahami rusaknya mobil anda sebelum memutuskan untuk coba teknik yang penulis beri. Salam hangat dari penulis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel